Penyebab umum dari Penyakit Ginjal Kronis

Apa yang bisa menyebabkan ginjal baik-baik saja untuk mulai bekerja normal? Penyakit apa menempatkan kemampuan ginjal Anda untuk menyaring racun dalam bahaya? Ini adalah pertanyaan umum bahwa pasien saya miliki ketika saya memberitahu mereka tentang adanya kronis penyakit ginjal diagnosis (CKD).

Mari kita bicara tentang kondisi penyakit yang menempatkan Anda pada risiko mengembangkan penyakit ginjal. Ini adalah sangat penyakit yang harus membuat Anda dan dokter Anda mengawasi fungsi ginjal Anda secara teratur, dan memperlakukannya sesuai.

Entitas khas yang menyebabkan kerusakan ginjal sering sekunder penyakit seperti diabetes dan tidak intrinsik penyakit ginjal. Kesimpulan ini didasarkan pada bukti obyektif bahwa dapat kita ambil dari Amerika Serikat Renal Data System (USRDS) data.

Bagaimana umum adalah Penyakit Ginjal Kronis?

Ketika didefinisikan oleh GFR <60 selama 2005-2010, 6,3 persen dari penduduk AS bertemu dengan diagnosis penyakit ginjal kronis, atau CKD (dibandingkan dengan 9,3 dan 8,5 persen untuk diabetes dan penyakit kardiovaskular, masing-masing). Namun, jika kita memasukkan parameter lain dimana CKD dapat didefinisikan (seperti peningkatan ekskresi protein dalam urin, atau ekskresi albumin lebih dari 30 mg / hari), tingkat prevalensi untuk CKD naik ke 9,2 persen. Dengan kata lain, hampir satu dari sepuluh orang akan memiliki CKD.

Penyebab Penyakit Ginjal Kronis
Diabetes telah menjadi tak terbantahkan nomor satu faktor risiko untuk CKD, dengan sekitar 40 persen dari pasien melaporkan penyakit, baik pada periode 1988-1994, dan 2005-2010.

Kontribusi hipertensi sebagai penyebab yang mungkin tampaknya telah meningkat dari rendah ke pertengahan 20 persen. Obesitas tampaknya telah tetap menjadi penyebab signifikan, namun kontribusi dari penyakit kardiovaskular tampaknya telah melompat dari pertengahan 20-an hampir 40 persen. Hal ini akan membuat lazim seperti diabetes sebagai faktor risiko.

Kenaikan ini juga bisa berhubungan dengan diagnosis yang lebih besar dari penyakit kardiovaskular karena pengujian luas dan pengakuan pasien yang lebih besar.

Anda mungkin melihat bahwa sebagian besar penyakit yang disebutkan di atas tidak benar-benar berasal dari ginjal. Bahkan, ginjal biasanya menanggung beban penyakit sekunder tersebut. Penyakit ini mempengaruhi fungsi ginjal adalah melalui mekanisme yang berbeda yang berada di luar lingkup artikel ini. Hanya untuk memberikan ide meskipun, mekanisme ini dapat mencakup peningkatan tekanan darah di dalam filter ginjal (glomerulus), yang mengarah ke tingkat filtrasi meningkat. Ini disebut “hyperfiltration adaptif.” Dalam jangka pendek, ini adalah topeng apa kenyataan bahwa Anda benar-benar bisa memiliki penyakit ginjal karena itu membuat hasil tes darah “terlihat normal.” Dalam jangka panjang, ini juga tepat mengapa ginjal mulai “terbakar” dan mengembangkan jaringan parut. Bayangkan sebuah mobil yang sedang didorong terus menerus di 200 mil / jam. Mobil itu akan memecah segera, kan?

Ini adalah apa yang terjadi ketika diabetes mempengaruhi ginjal Anda.

Jadi, mengapa saya kuliah pembaca tentang penyebab CKD? Tujuan saya adalah untuk pulang titik bahwa Anda harus memiliki kondisi berikut, Anda harus menganggap diri seseorang pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ginjal dan pastikan bahwa Anda diuji. Tergantung di atas panggung Anda, Anda mungkin perlu dirujuk ke nephrologist sebuah juga untuk pengelolaan selanjutnya. Sekali lagi untuk meringkas, kondisi ini:

Diabetes mellitus
Hipertensi
Penyakit kardiovaskular (ini bisa mencakup orang-orang yang memiliki penyakit jantung iskemik, serangan jantung, stroke, penyakit pembuluh darah perifer, aneurisma, dll)
Kegemukan
Genetik kecenderungan dan faktor risiko seperti ginjal polikistik
Miscellaneous menyebabkan seperti lama NSAID (pain killer) menggunakan, paparan timbal jangka panjang, dll
Sumber:

Data System US ginjal, USRDS 2013 data Laporan Tahunan: Atlas dari Penyakit Ginjal Kronis dan End-Tahap Penyakit ginjal di Amerika Serikat, National Institutes of Health, National Institute of Diabetes dan Pencernaan dan Penyakit Ginjal, Bethesda, MD, 2013

Data yang dilaporkan di sini telah disediakan oleh Renal Data System Amerika Serikat (USRDS). Interpretasi dan pelaporan data tersebut adalah tanggung jawab penulis (s) dan sama sekali tidak harus dilihat sebagai kebijakan resmi atau interpretasi dari pemerintah AS.

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>